[TERBARU] Simak! Ini Perbedaan 3 Grup Kopassus, Nomor 3 Ahli Intelijen

loading…

Prajurit Kopassus, pasukan elite TNI AD. Foto/istimewa

JAKARTA – Pembentukan 3 grup Kopassus tidak bisa dilepaskan dari peristiwa sejarah yang melingkupinya. Sebagai pasukan elite TNI yang mengemban misi khusus, tiga grup Kopassus ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan sangat mematikan.

Tidak hanya itu, mereka juga ditempatkan di sejumlah daerah strategis. Grup 1 bermarkas di Serang, Banten. Sedangkan Grup 2 bermarkas di Kartasura, Jawa Tengah dan Markas Grup 3 berada di Mako Cijantung, Jakarta Timur. Tujuannya untuk memudahkan pergerakan pasukan. Berikut ini perbedaan Grup 1, Grup 2 dan Grup 3 Kopassus.

Grup 1 Kopassus/Para Komando

Grup 1 dan Grup 2 Kopassus memiliki peran yang sama, yakni Para Komando (Parako). Dalam penugasannya, mereka bisa diterjunkan di mana saja. Mulai dari operasi lintas udara, hingga penyerbuan amfibi dari laut.

Baca juga: Sangar! Ini 3 Pasukan Khusus di Indonesia yang Memakai Baret Merah

Markas Grup 1 Kopassus awalnya berada di Cijantung, Jakarta Timur. Namun karena wilayah Cijantung diperkirakan bakal ramai dan padat sehingga menyulitkan Kopassus melakukan latihan dan penempatan pasukan akhirnya dipindah ke Serang, Banten.

Daerah Serang yang masih kosong menjadi lokasi yang sangat ideal untuk penempatan prajurit. Lokasi ini sebenarnya bukan tempat yang asing bagi prajurit Kopassus karena sudah menjadi tempat latihan penerjunan prajurit Kopassus. Apalagi rencana pemidahan sudah direncanakan sejak 1970.

Baca juga: Mayjen Iwan Setiawan Terima Brevet Anti Teror dari Sat-81 Kopassus

Dikutip dari buku berjudul “Kopassus untuk Indonesia” disebutkan Markas Grup 1 Kopassus ini sangat strategis sebagai penjaga “Pintu Barat” Pulau Jawa. Lokasi markas ini tepatnya berada di sekitar kawasan industri petrokimia dan industri baja yang dibangun Rusia pada 1960-an yang dikenal dengan Krakatau Steel.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.