[TERBARU] 5 Makanan Penyebab Janin Tak Berkembang, Hindari ya Bun

Jakarta – Asupan makanan dan minuman memang sangat penting ya Bunda saat menjalani kehamilan. Dengan menjaga pola makan yang sehat, janin di dalam kandungan pun akan tubuh dan berkembang dengan baik hingga hari persalinan. 

Untuk itu, Bunda pun perlu membatasi asupan beberapa jenis makanan dan minuman tertentu, bahkan mungkin sala satu sajian kesukaan Bunda. Pasalnya ada banyak dampak bila Bunda melahap makanan yang kurang baik saat kehamilan, seperti intrauterine growth restriction (IUGR) atau janin tak berkembang.

Jadi, apa saja sih makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan janin?

Sebenarnya, sejauh ini tak ada makanan khusus yang langsung membuat janin tidak terkembang, Bunda. Namun, ada sejumlah makanan maupun minuman yang sebaiknya bumil hindari. Alasannya makanan tersebut berisiko menyebabkan infeksi bakteri atau parasit yang menyebabkan pertumbuhan janin terhambat.

Elana Pearl Ben-Joseph, MD, menegaskan hubungan antara makanan yang dikonsumsi bumil dengan kesehatan bayi jauh lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya. Itu sebabnya dokter sekarang mengatakan, misalnya, tidak ada jumlah konsumsi alkohol yang dianggap aman selama kehamilan.




Ciri Anak Berpotensi Cerdas/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

“Makanan ekstra yang Anda makan seharusnya tidak hanya berupa kalori kosong — itu harus memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda yang sedang tumbuh,” kata Ben-Joseph dilansir KidsHealth Org.

Ben-Joseph mengambil contoh tentang minum kopi atau yang berkafein lainnya. Banyak dokter yang menganggap minum 2 cangkir kopi, teh, atau soda dengan kafein per harinya tidak akan membahayakan bayi. Namun, ada baiknya bumil menghindari kafein sama sekali jika bisa.

“Konsumsi kafein yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran dan masalah lain, jadi batasi asupan Anda atau beralihlah ke produk tanpa kafein,” kata Ben-Joseph.

Tak hanya itu, bumil penting juga untuk menghindari penyakit bawaan dari makanan, seperti listeriosis dan toksoplasmosis, yang dapat mengancam nyawa bayi yang belum lahir. Bahkan makanan tersebut dapat menyebabkan cacat lahir atau keguguran. 




Egg yolk in wooden spoon on eggs. Close up.5 Makanan Bisa Sebabkan Janin Tak Berkembang, Hindari ya Bun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25

Makanan yang harus dihindari antara lain:

  • Keju lunak yang tidak dipasteurisasi seperti feta, kambing, brie, camembert, dan keju biru.

  • Susu, jus, dan sari apel yang tidak dipasteurisasi

  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, termasuk mousse dan tiramisu

  • Daging, ikan, atau kerang mentah atau setengah matang

  • Ikan yang mengandung merkuri tinggi, termasuk hiu, ikan todak, king mackerel, marlin, orange roughy, tuna steak.

    “Jika pernah makan makanan ini selama kehamilan, cobalah untuk tidak terlalu mengkhawatirkannya sekarang; hindari saja selama sisa kehamilan. Jika benar-benar khawatir, bicarakan dengan dokter,” katanya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 jenis makanan untuk asam folat. 

[Gambas:Video Haibunda]


kehamilan
Kehamilan Trimester 2
Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu.
Cek Yuk arrow-right

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.