[TERBARU] Payudara Bengkak karena Mastitis atau Kanker Payudara? Ini Cara Membedakannya

Jakarta – Selama dan setelah kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan fisiologis yang signifikan serta pergolakan emosional. Hal ini pun kerap menyingkirkan kepedulian terhadap kesehatan busui sendiri. Termasuk mengenal adanya gejala kanker payudara pada ibu menyusui.

Gejala-gejala ini mungkin sering kali samar, tetapi memang perlu diperhatikan dan diperiksa secara rutin. Salah satu kondisi yang sering diperhatikan ialah adanya benjolan payudara yang dianggap sebagai gejala umum menyusui.

Para ibu menyusui sering kali mengabaikan benjolan ini dengan asumsi mereka baru sama mengalami penyumbatan saluran susu. Namun, ini merupakan tanda peringatan dini yang serius dari kanker payudara, seperti dikutip dari laman India.

Adalah umum bagi ibu menyusui untuk mengembangkan risiko benjolan di payudara apalagi gumpalan ini sangat mirip dengan yang ditemukan pada mereka yang menderita kanker payudara.

Kanker payudara dianggap sebagai jenis kanker yang paling umum diantara wanita. Menurut sebuah studi terbaru oleh statistik kanker payudara, setiap empat menit seorang wanita di India didiagnosis menderita kanker payudara.




Lahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Kanker payudara pada ibu menyusui sering salah didiagnosis karena kesamaan gejala antara kanker dan saluran ASI yang tersumbat. Namun, beberapa tanda peringatan dini yang perlu diperhatikan di antaranya sebagai berikut:

1. Mastitis

Mastitis merupakan jenis infeksi yang sangat umum yang terjadi selama menyusui. Sebagian besar waktu, penyebabnya ialah saluran susu yang tersumbat atau bakteri yang masuk ke payudara. Biasanya, terjadi dalam tiga bulan pertama menyusui dan beberapa tanda utama mastitis ialah nyeri payudara, peradangan, dan demam.

2. Invasive Ductal Carcinoma 

IDC merupakan jenis kanker yang biasanya terlihat tumbuh di saluran susu dan menggunakan jaringan fibrosa atau lemak payudara sebagai saluran. IDC dikenal sebagai bentuk paling umum dari kanker payudara dan terdiri dari 80 persen dari semua diagnosis kanker payudara. Beberapa gejala umum IDC termasuk munculnya ruam atau kemerahan pada payudara.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips pencegahan kanker payudara.

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.