[TERBARU] PPDB SMP Jalur Afirmasi Kota Depok Segera Dibuka,…

Jumat, 24 Juni 2022 – 12:30 WIB

Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Depok. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.Ometraco.com, DEPOK – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Depok 2022 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan segera dibuka.

Ketua PPDB Kota Depok Joko Soetrisno menjelaskan proses pendaftaran untuk jalur afirmasi pada jenjang SMP.

Dirinya menerangkan jalur ini diperuntukan bagi calon peserta didik dari keluarga prasejahtera dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau difabel.

“Disdik Kota Depok menyiapkan kuota jalur afirmasi pada PPDB 2022 sebesar 15 persen. Dengan rincian untuk warga tidak mampu sebesar 13 persen dan inklusi sebesar 2 persen,” ucapnya, Jumat (24/6).

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk PPDB SMP jalur afirmasi, seperti menyertakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah asal apabila ijazah asli belum ada, memiliki Kartu Keluarga (KK) Kota Depok yang diterbitkan sebelum 1 Juli 2021, serta Kartu Perlindungan Sosial (PKH, KKS, KIP/ terdaftar di DTKS).

“Sedangkan untuk inklusi harus menyertakan SKL dari sekolah asal apabila ijazah asli belum ada, memiliki KK Kota Depok yang diterbitkan sebelum 1 Juli 2021, serta memiliki surat keterangan dari sekolah sebelumnya atau dari rumah sakit atau tenaga medis,” jelasnya.

Dalam penentuan nilai jalur afirmasi, siswa tidak mampu dinilai berdasarkan skor zonasi. Jika skornya sama, maka diperhitungkan dari usia siswa. Sedangkan siswa inklusi dinilai berdasarkan seleksi administrasi.

Sekadar diketahui, pendaftaran jalur afirmasi untuk calon siswa tidak mampu dilakukan pada 27-28 Juni 2022 dan inklusi 29 Juni. Kemudian, pengumuman jalur afirmasi pada 1-2 Juli dan daftar ulang 5-6 Juli.

Disdik Kota Depok menyiapkan kuota jalur afirmasi pada PPDB 2022 sebesar 15 persen. Ini ketentuan dan waktu pendaftarannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.