[TERBARU] KAMMI Dukung Jokowi ke Moskow dan Kiev Demi Perdamaian Dunia

Jakarta

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mendukung langkah politik luar negeri Presiden Jokowi untuk mendamaikan Rusia dan Ukraina. Konflik itu harus diakhiri karena kondisi perang di Ukraina berdampak juga terhadap Indonesia.

“Kita harus mendukung pemerintah Indonesia berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Itulah mengapa hingga saat ini Indonesia menganut politik bebas aktif,” kata Ketua Umum PP KAMMI, Zaky Ahmad Rifa’i, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/6/2022).

Jokowi akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin, akhir bulan ini. Indonesia sendiri kini adalah negara Presidensi G20.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri KAMMI, Khairul Amri, berharap hasil terbaik, yakni normalisasi hubungan antara Rusia dan Ukraina.

Ketua Umum PP KAMMI, Zaky A Rivai. (Dok KAMMI)

Rencananya, Jokowi akan terlebih dahulu memenuhi undangan Ketua G7, Jerman, untuk hadir dalam KTT G7 di Elmau pada 26 hingga 27 Juni 2022. Hal ini telah disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan pers, Rabu (22/6) lalu. Setelah dari Jerman, Jokowi akan ke Ukraina dan Rusia.

“Dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin,” sebut Retno.

Retno mengatakan Indonesia mencoba untuk berkontribusi untuk menangani krisis akibat perang. Indonesia juga ingin mendorong spirit perdamaian. Krisis pangan negara-negara berkembang sebagai dampak dari perang di Eropa Timur itu juga menjadi perhatian Jokowi.

“Presiden Jokowi akan merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut,” kata Retno.

(dnu/tor)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.