[TERBARU] Jenderal Dudung Mengenang Insiden Puncak Tidar,…

Jumat, 24 Juni 2022 – 14:55 WIB

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan sambutan pada kegiatan Tradisi Puncak Tidar di Akademi Militer, Magelang Jumat (24/6). Foto: Dispenad.

jateng.Ometraco.com, MAGELANG – Ratusan peserta Apel Komandan Satuan (AKS) 2022 menyanyikan himne TNI AD pada kegiatan Tradisi Puncak Tidar di Akademi Militer, Magelang Jumat (24/6).

Kegiatan tradisi Puncak Tidar ini menjadi momen pertama dinyanyikannya himne TNI AD yang merupakan ciptaan Lettu Caj Dicky tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan bahwa tradisi Puncak Tidar mengandung muatan nilai sejarah Indonesia yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari Akmil.

Makna tersebut diwariskan dan bermula dari peristiwa heroik yang dilakukan secara spontan oleh masyarakat sekitar Gunung Tidar pada 25 September 1945 yang kemudian dikenal dengan sebutan “Insiden Puncak Tidar”.

“Selamat datang kepada seluruh Perwira peserta Apel Komandan Satuan di Puncak Tidar. Di tempat inilah kita dulu pernah ditempa, sehingga menjadi perwira yang tanggap, tanggon dan trengginas dalam menyongsong tugas-tugas mulia bagi bangsa dan negara,” kata Kasad.

Jenderal Dudung berharap kegiatan ini dapat menyegarkan kembali nilai-nilai tradisi, moral dan kepribadian sebagai prajurit Sapta Marga.

Selain itu, kata dia, tradisi Puncak Tidar bisa menjadi momen yang berkesan bagi seluruh perwira dan komandan satuan guna mengoptimalkan pembinaa.

“Saya berharap para komandan satuan untuk terus memperkuat komitmennya dalam menerapkan pembinaan satuan demi memantapkan dan meningkatkan kualitas,” pungkas Kasad.

Jenderal Dudung Abdurachman mengenang Insiden Puncak Tidar ketika ratusan komandan satuan pertama kali mengumandangkan himne TNI AD di sana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.