[TERBARU] Kondisi Plasenta Ini Bisa Sebabkan Pendarahan Hebat

Mutia Nugraheni

|
24 Juni 2022 16:13

Ometraco.com – Pemeriksaan secara rutin selama kehamilan sangat penting dilakukan. Ibu hamil bisa memeriksakan diri ke dokter atau bidan, dan jangan lupa untuk melakukan ultrasonografi (USG).

Pemeriksaan tersebut bukan hanya untuk mengetahui kondisi janin di dalam rahim, tapi juga plasenta. Organ plasenta berfungsi penting bagi janin karena menyediakan oksigen dan nutrisi serta membuang sampah metabolisme janin.

Pada beberapa kondisi, letak plasenta yang seharusnya ada di atas rahim, berada di bawah. Hal ini bisa jadi membahayakan dan memicu perdarahan. Letak plasenta yang tak normal tersebut dinamakan Plasenta Previa (PP).

Plasenta previa adalah komplikasi kehamilan di mana plasenta terletak di bawah dan menutupi jalan lahir. Dokter Aldi, spesialis obstetri dan ginekologi di RS Kendang Sari, Surabaya, lewat akun Instagramnya @dr_aldi_obgyn, perdarahan karena plasenta previa ini bisa saja tak disertai rasa nyeri.

” PP dapat menyebabkan perdarahan tanpa nyeri dimulai pada setengah akhir kehamilan. Hal ini disebabkan robeknya plasenta ketika mulut rahim menipis dan membuka. Perdarahan bisa sangat banyak sehingga membahayakan ibu dan janin. Selain itu berisiko terjadi persalinan preterm,” ungkapnya.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.