[TERBARU] 5 Kelas Prenatal yang Bisa Bunda dan Ayah Ikuti, Bermanfaat Banget untuk Persalinan

Melahirkan memang butuh berbagai persiapan ya Bunda, mulai dari segi fisik hingga mental. Bunda bis lho mempersiapkan diri agar lebih siap menjalani proses persalinan dengan terlebih dulu mengikuti kelas prenatal.

Bidan Chandra Dwi Fitriani atau Bidan Ochan memaparkan pentingnya mengikuti kelas prenatal sebagai persiapan Bunda melahirkan. Disebut penting karena proses bersalin bukan semata-mata urusan mengeluarkan janin dari rahim Bunda saja ya. Lebih dari itu adalah kesiapan Bunda dan Ayah menjadi pasangan orang tua yang siap lahir batin menyambut Si Kecil, Bunda. 

Untuk itu, penting melibatkan Ayah untuk turut serta dalam kelas prenatal ini ya, Bunda. Sebab, dalam kelas prenatal yang Bunda ikuti, Bunda tidak hanya memperoleh manfaat secara fisik agar minim nyeri saat melahirkan, melainkan juga manfaat untuk psikis Bunda nih. Karena kehadiran Ayah tentu akan semakin menguatkan mental Bunda ya. 

Lantas, kelas perbekalan melahirkan apa saja sih yang bisa Bunda ikuti agar Bunda makin minim nyeri saat melahirkan? Yuk kita lanjutkan ya. 




Lahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Usia tepat ikuti kelas prenatal

Idealnya, Bunda bisa memulai kelas prenatal ini saat usia kandungan memasuki 20 minggu ya, Bunda. Sebab seperti penjelasan Bidan Ochan, pada usia ini plasenta sudah melekat sempurna.

Jika pun tidak, selambatnya Bunda bisa memulai pada usia ke 24 minggu kehamilan, Bunda. Asal jangan pas sudah mendekati masa kelahiran ya, Bunda. Sebab, tubuh perlu dilatih dan disiapkan lebih matang tidak tiba-tiba menjelang kelahiran saja.

Adapun kelas prenatal yang bisa Bunda ikuti adalah sebagai berikut:

1. Yoga

Yoga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan, Bunda. Melainkan juga untuk mempersiapkan persalinan dan membantu memelihara kesehatan janin ya.

Yoga ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Gerakan yang ada di dalamnya juga dapat membantu melatih pernapasan ibu hamil, sehingga proses persalinan akan menjadi lebih tenang, mudah, dan lancar nantinya. 

2. Gym ball

Bunda hamil bisa memanfaatkan gym ball atau birthing ball mulai dari masa kehamilan hingga pascamelahirkan ya. Dengan menggunakan bola ini, Bunda bisa lebih bugar saat hamil. Hingga saat bersalin, alih-alih Bunda panik, melainkan lebih siap dan rileks ya. 

3. Pilates

Salah satu manfaat penting pilates untuk Bunda hamil adalah dapat memperkuat otot perut dan panggul, Bunda. Otot perut yang kuat saat hamil bisa mencegah Bunda mengalami sakit punggung ya. Jika rajin melakukannya, Bunda juga akan lebih mudah mengejan saat melahirkan. 

Selain itu, otot panggul yang kuat akan menyokong rahim, kandung kemih, dan usus ketika janin sudah berada di rahim bagian bawah dan siap menuju jalan lahir. Otot panggul yang kuat juga bisa mencegah urine bocor ketika batuk atau bersin.

Kita lanjutkan yuk Bunda ke halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Bidan Mila dirikan Smilebirth:

[Gambas:Video Haibunda]


kehamilan
Kehamilan Trimester 3
Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu.
Cek Yuk arrow-right

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.