[TERBARU] Cholil Nafis Singgung Etika Rekam Video di Depan Orang Penting, Sindir Siapa?

loading…

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis. FOTO/DOK.SINDOnews

JAKARTA – Pengajar sekaligus pendakwah, KH Cholil Nafis menanggapi fenomena main handphone atau melakukan rekam video dalam sebuah pertemuan yang sering terjadi di masyarakat. Menurutnya, perilaku tersebut tidak etis dilakukan.

Cholil Nafis menilai asyik dengan handphone sendiri atau melakukan perekaman video dalam sebuah pertemuan terbatas tentu membuat risih bagi yang lain. Apalagi jika hal itu dilakukan saat ada orang penting yang serius berbicara.

“Kadang main hp atau sambil rekam video di pertemuan terbatas bikin risih apalgi klo disebarkan. Ini soal etika dan kepatutan aja. Apalagi orang penting yg sdg serius bicara lalu ada yg merekam dg hp-nya, kaya’nya tak ngormatin banget ya. Demi konten semua hal jadi boleh ya?” cuit Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah ini di akun Twitternya, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Puan Asyik Ngevlog di Depan Jokowi dan Mega, Etika Jadi Sorotan Netizen

Tidak jelas cuitan itu ditujukan untuk siapa. Namun Ketua DPP PDIP Puan Maharani tengah menjadi sorotan lantaran asyik ngevlog di depan Presiden Joko Widodo yang tengah berbincang dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Video Puan asyik ngevlog diketahui dari unggahan di akun resmi Instagram milik Ketua DPR itu, Selasa (21/6/2022). Puan mengambil video itu sesaat sebelum pembukaan Rakernas PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Jokowi diketahui hadir dalam acara itu bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Walau lagi serius menjelang pembukaan Rakernas PDI Perjuangan, tetap harus rileks. Bersama Ibu Mega, Mas Nanan, Mas Pram @pramonoanungw, Bang Olly @olly.dondokambey dan Pak Budi Gunawan, Pak Jokowi @jokowi pun terlihat santai ikut menyapa kalian semua,” tulis Puan dalam keterangan unggahannya.

Unggahan Puan itu mendapat tanggapan positif dari para followernya. Namun tanggapan berbeda diberikan saat video Puan ini juga diunggah ulang di Twitter oleh sejumlah netizen dengan narasinya masing-masing.

Seperti akun @syam_tomagola yang ikut mengunggah video Puan. “Jujur saya tidak sepakat Presiden selaku Kepala Negara di ruang Private Namun dipertontonkan Begini ke Publik. @BurhanMuhtadi @hantayuda @Andiarief__ @susipudjiastuti @SBYudhoyono,” tulisnya.

“Presiden RI sedang menghadap ketua umum partai, Gimana menurut kalian gaes?” cuit @masTenky. “Bu Puan kelakuannya kok menyedihkan…seperti gak diajari sopan santun…,” tulis Andri Bagus Pratama.

(abd)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.