[TERBARU] 6 Tips Merawat Tanaman Eucalyptus, Berikan Sinar Matahari Penuh Bun

Jakarta

Tanaman eucalyptus adalah jenis tanaman dari keluarga myrtle (Myrtaceae) yang memiliki lebih dari 700 spesies, Bunda. Tanaman ini merupakan pohon cemara yang tumbuh dengan cepat di Australia, Malaysia, dan Filipina.

Tanaman eucalyptus dapat tumbuh cepat mencapai ketinggian 300 kaki atau sekitar 90 meter. Kulit eucalyptus sangat halus saat disentuh dan mudah terkelupas.

Eucalyptus kerap juga disebut sebagai tanaman kayu putih. Seperti pohon karet, eucalyptus akan mengeluarkan getah ketika kulitnya dipatahkan.

Selain pohon, eucalyptus juga bisa menjadi semak dengan tinggi maksimal 30 kaki atau sekitar 9 meter. Sama seperti tumbuhan lainnya, tanaman eucalyptus juga memiliki warna daun yang bervariasi di setiap spesiesnya.

Variasi eucalyptus yang paling umum ditemukan adalah yang memiliki daun hijau mengkilap, Bunda. Daunnya berbentuk oval dan menyempit ke satu titik. Beberapa varietas eucalyptus yang belum dewasa memiliki bentuk daun bulat hijau berdebu.




Ternyata ada jenis eucalyptus yang bisa ditanam di dalam ruangan, Bunda. Di antaranya adalah Cider gum dan dolar perak.

Cider gum memiliki kultivar silver yang tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Ia bisa tumbuh hingga 90 cm dan lebar 30 cm. Sementara itu, dolar perak memiliki daun berbentuk koin berwarna biru dan hijau. Agar tumbuh dengan rapi, pastikan Bunda memangkas mereka secara teratur.

Tips merawat tanaman eucalyptus

Kalau Bunda ingin menanam tanaman eucalyptus di rumah, Bunda harus tahu cara merawatnya, nih. Mengutip dari laman Master Class, berikut ini tips merawat tanaman eucalyptus.

1. Pencahayaan

Tanaman eucalyptus menyukai tempat yang cerah, Bunda. Mereka menyukai area yang setidaknya menerima sinar matahari penuh hingga 10 jam setiap harinya.

Kalau Bunda menanam eucalyptus di dalam ruangan, letakkan pot-nya di dekat jendela yang menghadap ke selatan. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan banyak sinar matahari.

2. Penyiraman

Bunda harus menyiram tanaman eucalyptus secara teratur. Bukan tanpa alasan, eucalyptus tidak bisa bertahan lama saat keadaan kering.

Kalau Bunda tidak menyiram tanaman eucalyptus dalam waktu yang lama, nantinya daun eucalyptus akan terkulai dan rontok.

Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video manfaat daun pandan untuk Bunda hamil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.