[TERBARU] Angka Kasus Harian Covid-19 Capai 1000, Epidemiolog: Mungkin Sampai Agustus

Ometraco.com – Belum lama ini, Satuan Petugas Penanganan (Satgas) Covid-19 mengumumkan kasus harian Covid-19 kembali meningkat setelah terkonfirmasinya varian BA.4 dan BA.5 di Indonesia beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, kenaikan kasus telah menyentuh angka 1000 per harinya. Padahal, sebelumnya kondisi pandemi di Indonesia sudah mulai membaik.

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan bahwa naiknya kasus Covid-19 kali ini diprediksi akan berbeda dengan varian Delta maupun Omicron. Ia memprediksi, kenaikan ini mungkin akan berlangsung selama satu sampai dua bulan ke depan.

Menurutnya, kasus positif baru kemungkinan akan menyerang kelompok yang rawan seperti lansia, komorbid, dan masyarakat tanpa vaksinasi lengkap.

Baca Juga:
Pemrov Papua Minta Rumah Sakit Waspada Peningkatan Kasus Covid-19

“Kenaikan kasus Covid-19 ini jelas akan berlangsung setidaknya satu dua bulan, lah ya, tapi tentu ini berbeda dengan waktu delta, hanya pada kelompok yang rawan berisisko tinggi seperti lansia, komorbid, atau yang cakupan vaksinnya masih minim,” ucap Dicky saat dihubungi Ometraco.com, Rabu (22/06/2022).

Selain itu, menurut Dicky, kenaikan mungkin akan berakhir pada Agustus. Sementara untuk puncak kenaikan bisa terjadi pada Juli akhir.

Ia juga menjelaskan sebenarnya saat ini masyarakat bisa saja sudah banyak yang terinfeksi. Namun, masyarakat dinilai akan lebih kuat karena sudah memiliki imunitas tubuh. Jadi, kalaupun terinfeksi, tidak menunjukkan gejala apapun.

“Bicara jumlah sebenarnya jumlahnya juga sudah bisa puluhan ribu sekarang terinfeksi, tapi kan mayoritas tidak bergejala, jadi tergantung kemampuan pemerintah melakukan testing dan tracing yang sekarang masih jadi PR,” jelasnya.

Untuk mengurangi kenaikan angka positif, menurut Dicky, pemerintah harus gencar dalam melakukan 3T (testing,tracing, dan treatment) di masyarakat. Selain itu, menurutnya, PPKM sangat perlu dilakukan untuk mencegah kasus penularan Covid-19 varian BA.4 dan BA.5 saat ini.

Baca Juga:
Update: Kasus Harian Positif Covid-19 Indonesia Bertambah 1.242 Orang

Ia juga sangat menyayangkan pemerintah yang melonggarkan masalah PPKM. Padahal menurutnya, saat masih PPKM masyarakat juga tidak begitu menerapkannya.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.