[TERBARU] Moderna Sebut Vaksin Versi Terbarunya Efektif Lawan Omicron Subvarian Baru

Ometraco.com – Produsen vaksin Covid-19 Moderna mengklaim kalau versi terbaru dari vaksin mereka bisa melawan infeksi dari Omicron subvarian BA.4 dan BA.5.

Dari hasil penelitian ditemukan terdapat respons imun yang kuat terhadap kedua subvarian tersebut.

Vaksin versi baru itu rencananya akan digunakan sebagai booster dan diberikan saat musim gugur di Amerika Serikat setelah mendapat persetujuan dari otoritas kesehatan.

Vaksin yang diperbarui itu berupa vaksin bivalen, artinya dirancang untuk menargetkan dua varian virus corona yang berbeda, yakni varian asli Covid-19 sejak 2020 dan Omicron, termasuk BA.4 dan BA.5 yang sangat cepat menular.

Baca Juga:
9 Anak Telah Terinfeksi Covid-19 Omicron Subvarian BA.4 dan BA.5, Orangtua Wajib Tahu Gejalanya!

Namun, diakui Moderna bahwa respon imun terhadap subvarian BA.4 dan BA.5 lebih rendah dibandingkan saat melawan Omicron subvarian BA.1.

Walau demikian, Kepala Petugas Medis Moderna Paul Burton menegaskan bahwa vaksin versi baru itu mampu berikan perlindungan abadi terhadap seluruh keluarga varian Omicron.

“Ini adalah respon antibodi yang kuat. Ini mungkin bertahan lama dan saya pikir kesimpulannya adalah bahwa peningkatan atau vaksinasi primer dengan (vaksin yang diperbarui) benar-benar dapat menjadi titik balik dalam perjuangan kita melawan virus SARS-cov-2,” ujarnya, dikutip dari Channel News Asia.

Kepala Eksekutif Moderna St├ęphane Bancel mengatakan, perusahaannya dapat mulai memasok dosis vaksin pada Agustus mendatang.

Pengajuan izin penggunaan vaksin baru itu akan diberikan kepada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS pada beberapa minggu ke depan.

Baca Juga:
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus Ingin Vaksin TBC Dibuat Cepat Seperti Vaksin Covid-19



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.