[TERBARU] Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya Menurut Hadis Nabi yang Perlu Diamalkan

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Alasan dianjurkannya menjenguk orang sakit dan mendoakannya agar cepat sembuh ini bukan tanpa alasan. Rupanya menjenguk orang sakit memiliki banyak keutamaan.

Menjenguk orang sakit termasuk bagian dari kehidupan bersosial, di mana seseorang pasti membutuhkan orang lainnya.

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk peduli kepada sesama, terutama yang sedang ditimpa musibah berupa sakit. Menjenguk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia dan ada keutamaan di dalamya. Hal ini seperti sabda Rasulullah :

“ Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Menjenguk orang sakit juga akan memberikan kebahagiaan baginya. Jika ia bahagia, maka daya tahan tubuhnya akan semakin membaik, sehingga sakitnya bisa segera sembuh. Mereka juga akan merasa bahwa dirinya diperhatikan dan disayang orang lain. Pikiran positif ini juga sangat berperan dalam proses penyembuhan orang sakit.

Itulah beberapa doa menjenguk orang sakit dan artinya yang bisa kamu panjatkan ketika di hadapan orang yang sakit. Selain ikhtiar dengan berobat, untaian doa juga sangat berguna bagi orang yang sakit.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.