[TERBARU] Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Diharapkan Berbuah Perdamaian

loading…

Rencana kunjungan kenegaraan Presiden RI Jokowi ke Ukraina dan Rusia, yang saat ini tengah berperang, diharapkan bisa mendorong perdamaian kedua negara. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Rencana kunjungan kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia diharapkan bisa mendorong perdamaian kedua negara. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, TB Hasanuddin.

“Rencana kunjungan kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia tentunya adalah sebuah hal positif bagi diplomasi damai Indonesia dan harus didukung penuh,” ujar TB Hasanuddin, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Putin Tegaskan NATO Menipu Rusia

Ia melihat kunjungan kenegaraan tersebut merupakan langkah sangat strategis karena dua faktor. “Pertama, kita berharap kunjungan Presiden Joko Widodo nanti dapat meredakan ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang akhir-akhir ini semakin meningkat,” kata Hasanuddin.

Baca juga: Jangan Remehkan Efek Serangan Rusia

Pasalnya, setidaknya sudah 100 hari lebih terjadi konflik bersenjata antara kedua negara, dan belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

“Kedua, semoga kunjungan tersebut dapat menjadi jembatan bagi solusi damai antara kedua negara. Konflik Ukraina dan Rusia telah berdampak negatif bagi stabilitas harga komoditas seperti minyak mentah dan bahan pangan secara global,” ungkap Hasanuddin.

Dampak dari perang Rusia dan Ukraina kata dia turut berdampak ke Indonesia. Ia memberikan contoh, di mana harga beberapa bahan pangan seperti gandum atau minyak goreng mengalami kenaikan drastis.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.