[TERBARU] Riwayat Panjang Konflik Cak Imin Vs Keluarga Gus Dur, Kini Panas Lagi

Jakarta

Hubungan putri Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid dengan Ketum PKB Muhaiman Iskandar (Cak Imin) kembali memanas. Hal ini pun mengingatkan kembali publik kepada riwayat seteru antara Cak Imin dan keluarga Gus Dur.

Dirangkum Ometraco.comcom, Kamis (23/6/2022), konflik Cak Imin dengan Gus Dur ini terjadi kala PKB terbelah menjadi dua kubu.

Pada 2005, Cak Imin terpilih menjadi Ketum PKB yang baru dalam Muktamar yang digelar di Semarang. Sedangkan Gus Dur ditetapkan sebagai Ketua Dewan Syura.

Kondisi ini pun melahirkan dua kubu PKB. PKB Gus Dur dan PKB Cak Imin. Keduanya pun menggelar Muktamar Luar Biasa (MLB) masing-masing di tahun 2008. Kubu PKB Gus Dur menggelar MLB di Parung Bogor, sedangkan kubu Cak Imin menggelar MLB di Hotel Mercure Ancol. Cak Imin kembali menang. Legalitas PKB Cak Imin pun diperkuat oleh putusan pengadilan. Kasasi PKB kubu Gus Dur terkait posisi Cak Imin ditolak MA.

Yenny Wahid Didepak dari PKB

PKB versi Muhaimin Iskandar secara resmi mendepak Yenny Wahid sebagai Sekjen PKB periode 2005-2010. Pemberhentian ini terkait beberapa hal, seperti hasil musyawarah pimpinan dan silaturahmi alim ulama pada 5-6 April 2008.

Saat itu, Wakil Sekjen DPP PKB Helmy Faishal Zaini mengklaim pemberhentian ini juga didasari atas temuan-temuan tim investigasi DPP PKB bahwa telah terjadi infiltrasi, intimidasi, intrik, serta dugaan pemerasan yang dilakukan oleh kubu Yenny cs.

Berebut Amplop

Hubungan panas keduanya makin tampak ketika Cak Imin dan Yenny Wahid berebut amplop berisi nomor urut kampanye PKB di KPU pada 9 Juli 2008.

Pada 2009, Yenny Wahid mendukung Prabowo dan meminta kader PKB menyalurkan suara ke Gerindra.

Cak Imin vs Yenny Wahid (Ometraco.comcom)

Selanjutnya pada 2013 Yenny ikut mendirikan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB). Yenny duduk sebagai Ketum. Namun, partai ini tak lolos seleksi dalam Pemilu 2014.

Bagaimana kelanjutan konflik ini? Baca halaman selanjutnya.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.