[TERBARU] Pemerintah Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pasokan Pangan di Lapangan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

Ometraco.com, JAKARTA – Pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat ikut serta mengawasi laju dan pasokan bahan pangan agar harga di pasar kembali stabil.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak dan elemen masyarakat yang ikut dalam membantu pemerintah menjaga stabilitas harga pangan di pasar.

Menurutnya, dalam beberapa waktu terakhir ini, kinerja perdagangan semua sudah semakin membaik termasuk harga-harga bahan pokok di pasar tradisional sesuai dengan instruksi presiden (Inpres).

Baca juga: Atasi Masalah Pangan, Indonesia Butuh Pendekatan Rantai Pasok yang Terintegrasi

“Tadi saya melakukan peninjauan harga secara langsung di pasar Bulu Semarang dan beberapa bahan pokok dan minyak goreng sudah stabil harganya, malah kita temukan harga lebih murah dari yang ditentukan oleh pemerintah,” ujar Jerry yang ditulis Kamis (23/6/2022).

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Umum Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Hariara Tambunan dalam dialog kebangsaan dengan tema Peran dan Fungsi Ormas HIPAKAD dalam Penguatan Ketahanan Ekonomi Bangsa, menyampaikan pihaknya akan selalu siap menjaga dan membantu sinergitas dengan pemerintah menjaga stabilitas ekonomi.

Selain membahas isu-isu ekonomi, Ia juga berharap kegiatan ini bisa berperan untuk menepis berita-berita hoax yang terjadi di tengah masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2024.

Baca juga: Inovasi Teknologi hingga Kolaborasi Jadi Kunci Terkait Pengelolaan Rantai Pasok Pangan

“Seperti dalam diskusi tadi misalnya Pak Jerry dari kementerian Perdagangan menyampaikan hasil data dari BPS kepada audien yang hadir untuk memberitahukan kondisi ekonomi Indonesia yang sebenarnya, jadi ternyata isu-isu tentang resesi yang menimpa beberapa negara lain tidak terjadi di Indonesia, karena pemerintah kita saat ini telah melakukan usaha-usaha yang sangat baik untuk mengendalikan harga-harga produk,” paparnya.

Selain Aakil Menteri Perdagangan, acara ini juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah, serta Dandim dan Kapolres se-Jawa Tengah.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.