[TERBARU] Datang Bulan Tak Lancar? Baca Doa Ini Agar Haid Cepat Keluar

Makanan Sehat untuk Memperlancar Haid

Tak hanya membaca doa agar haid cepat keluar, supaya siklus bulananmu lancar maka kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi tinggi.

Berikut makanan yang kaya vitamin dan nutrisi penting yang bagus untk kesehatan perempuan:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau atau kale rendah kalori tapi tinggi serat, vitamin & mineral seperti vitamin A, C, K dan juga kalsium, magnesium dan zat besi.

2. Buah-buahan

Buah-buanhan sangat baik, kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Pilih buah yang tidak terlalu manis, seperti berries atau apel, biar tidak bikin gula darah naik turun terlalu banyak.

3. Lemak Sehat

Lemak sehat seperti alpukat atau telur akan membantu mendukung produksi hormon seperti estrogen.

4. Kacang–kacangan

Kacang–kacangan kaya akan protein, karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk kesehatan perempuan.

5. Kunyit dan Jahe

Curcumin (kandungan pada kunyit) merupakan antioksidan yang memiliki efek anti-radang poten. Jahe juga mengandung kandungan kimia seperti gingerol, shogaol, dan zingerone sebagai zat anti-inflamasi.

6. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi, untuk mengatasi rasa lelah, melawan penyakit, dan mengendalikan berat badan. Pilih yang kompleks dan tinggi serat. Beras merah sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan perempuan.

7. Protein

Protein dapat menghasilkan enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Bisa pilih sumber protein hewani (seperti telur, ayam, ikan, daging) atau vegan (tempe, tahu).

8. Biji-bijian

Di antara biji-bijian yang bagus untuk kesehatan perempuan adalah labu, rami, wijen, dan bunga matahari. Biji-bijian ini mengandung vitamin, nutrisi, dan asam lemak spesifik yang dipercayakan dapat mendukung fungsi hormon.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.