[TERBARU] Jemaah Calon Haji Diimbau Kenakan Ihram Sejak dari Embarkasi

Ometraco.com – Kementerian Agama mengimbau jemaah calon haji untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi pemberangkatan di Tanah Air, karena waktu di Bandara Jeddah, Arab Saudi, terbatas.

“Kami sudah bersurat ke embarkasi dan Kanwil Kemenag seluruh Indonesia sejak 30 Mei 2022, untuk mengimbau dan mensosialisasikan agar jamaah mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi,” ujar Kepala Sie Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara Wahyu Dewarini dalam keterangan tertulis, hari ini.

Rini mengatakan imbauan itu perlu disampaikan mengingat jamaah calon haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua seluruhnya mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Dari Jeddah, jamaah segera diberangkatkan ke Mekkah untuk melaksanakan umrah wajib.

Dengan demikian, setibanya di Bandara Jeddah itu jamaah tinggal melaksanakan shalat sunah umrah. Untuk niat dan miqat, bisa memilih antara dari embarkasi, yalamlam (di atas pesawat), atau saat tiba di Jeddah.

Baca Juga:
447 Jamaah Calon Haji Asal Indonesia Sakit di Tanah Suci

“Kami juga mengimbau pihak KBIH agar jamaah tidak mengenakan atribut KBIH, melainkan atribut nasional, yakni batik,” ujar Rini.

Hal senada disampaikan Petugas Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Zulkarnain Nasution. Dia melihat masih ada beberapa calon haji yang belum mengenakan kain ihram saat tiba di Bandara Jeddah

Menurut dia, fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk memberikan edukasi dan memandu jamaah. Mereka mesti mengecek ihram jamaah dan mengajak mereka untuk meluruskan niat.

“Apakah sudah niat atau belum, lalu shalat sunahnya dan pakaian ihram untuk laki-laki, memang kelihatan masih datang dengan baju tapi setelah di plaza mereka semua berganti pakaian dan berangkat menuju Mekkah,” kata dia. [Antara]

Baca Juga:
57.100 Calon Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci Hingga Rabu Malam Kemarin



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.