[TERBARU] 7 Makanan yang Bisa Dilahap Busui agar Bayi Lancar BAB

Jakarta – Sembelit pada bayi sering kali menghampiri dan membuat mereka tak nyaman. Pemilihan makanan busui agar bayi lancar BAB pun perlu diterapkan agar risiko tersebut dapat diminimalisasi ya, Bunda.

BAB yang kurang lancar pada bayi sebenarnya merupakan masalah umum. Keluhan ini biasanya sering diakibatkan pola makan dan gaya hidup. Ibu menyusui yang memproduksi ASI sebaiknya membarengi dengan gizi seimbang serta tinggi serat guna membantu meningkatkan frekuensi BAB pada bayi.

Melansir WebMD, banyak orang tua menjadi khawatir ketika frekuensi BAB bayi tiba-tiba menurun. Terutama untuk bayi yang disusui, ini merupakan kejadian umum karena ASI menjadi lebih matang.

“Bayi yang disusui umumnya memiliki feses yang lebih banyak dan lebih encer daripada bayi yang diberi susu formula,”ujar Kenneth Wible, MD, associate professor of pediatrics di the University of Missouri.

Sebenarnya, ASI ibu sangatlah seimbang dan proses pencernaan bayi sangat baik, tidak banyak residu. Kuncinya, feses bayi lunak dan bayi makan dengan baik serta berat badannya bertambah.




Lahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Hanya saja, sering kali diet ibu menyusui yang tidak seimbang memengaruhi feses bayi dan membuat BAB mereka kurang lancar. Karenanya, memilih makanan busui agar bayi lancar BAB sangatlah penting ya,  Bunda.

Berikut ini beberapa makanan busui agar bayi lancar BAB, seperti dikutip dari laman Medical News Today:

1. Yogurt

Probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Banyak produk susu, termasuk yogurt mengandung mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik. 

Probiotik sendiri kerap disebut sebagai bakteri baik dan mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan tinja. Sehingga, busui dapat memanfaatkan makanan ini sebagai asupan agar bayi lancar BAB.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara pijet bayi agar lancar BAB.

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.