[TERBARU] IVL 2022, Bupati Keerom Papua Targetkan 10.000 Hektare Lumbung Jagung

loading…

Bupati Keerom, Papua, Piter Gusbager saat memaparkan program di acara Indonesia Visionary Leader (IVL) di Gedung SINDO, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022). FOTO/MPI/REFI SANDI

JAKARTA – Bupati Keerom, Papua , Piter Gusbager mengatakan guna mendukung program ketahanan pangan nasional, pihaknya menargetkan membuka 10.000 hektare lLumbung jagung di wilayahnya. Hal itu disampaikan Piter saat memaparkan program di acara Indonesia Visionary Leader (IVL) di Gedung SINDO, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

“Kita kembangkan komoditas-komoditas unggulan, seperti yang tadi saya paparkan, ada Distrik Manum dan Arso Timur sebagai daerah yang memiliki tanah kesesuaiannya untuk palawija, sehingga komoditas jagung telah kita tetapkan bersama dengan program pemerintah pusat Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) kita akan buka lahan 10.000 hektare untuk program ketahanan pangan nasional yaitu lumbung jagung nasional,” kata Piter.

Ia mengatakan, tahun ini pihaknya bersama dua kementerian yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Pertanian (Kementan) akan merealisasikan 1.000 hektare lahan terlebih dahulu. “Tahun ini bersama dua kementerian, PUPR dan Kementan masing masing akan membuka penanaman awal 500 hektare. Jadi total 1.000 hektare dari dua kementerian,” ujarnya.

Lebih lanjut Piter akan mengawal program itu hingga terwujud mulai dari pembukaan lahan hingga pascapanen, termasuk pemasaran komoditas jagung.

“Kita akan mengantisipasi mulai dari pembukaan lahan, penanaman, sampai pascapanen termasuk pemasaran. Kementerian yang terlibat di dalamnya di antaranya kementerian investasi untuk pemasaran hasil komoditas jagung,” katanya.

Baca juga: Gun Gun Heryanto Beberkan 3 Alasan Program IVL Harus Berlanjut

(abd)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.