[TERBARU] Pemprov Jabar Sebar Tim Pemeriksa Hewan Kurban…

Kamis, 23 Juni 2022 – 15:45 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat pelepasan secara resmi tim pemeriksa hewan kurban di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/6). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.Ometraco.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melepas 1.784 tenaga pemeriksa hewan kurban untuk memastikan kelayakan dan kesehatan fisik hewan menjelang Hari Raya IdulAdha atau Hari Raya Kurban 2022.

Tim pemeriksa hewan kurban ini terdiri atas berbagai tim kesehatan, mulai dari dinas Provinsi Jawa Barat, kota/kabupaten, ikatan doker hewan Jabar, dan asosiasi obat hewan indonesia (ASOHI).

“Kami pastikan hewan kurban yang nanti dipotong adalah hewan kurban yang sehat dan sesuai syariat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai melepas secara resmi tenaga pemeriksa hewan kurban di Gedung Sate, Kamis (23/6).

“Semua bergerak bersama-sama, ada balai veteriner, balai inseminasi buatan, semua bekerja sama dalam satu tim untuk memastikan kurang lebih 800.000 hewan kurban yang ditargetkan tahun ini dipotong, tentunnya berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan,” sambungnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan, pemeriksaan hewan kurban ini seiring dengan proses penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

Selain itu, kata Ridwan Kamil, jumlah hewan ternak yang terinfeksi PMK di Jabar memang terus meningkat, namun itu sejalan dengan tingkat kesembuhan yabg ikut menanjak.

“Sudah 40% lebih hewan itu sudah sembuh, tingkat kesembuhannya juga naik dan partisipasi dari masyarakat juga sangat baik,” ucap Pria yang karib disapa Kang Emil.

Menurutnya, para peternak banyak yang berinovasi dalam menyembuhkan penyakit PMK hewan ternak ini.

Pemprov Jabar melepas 1.784 tenaga pemeriksa hewan kurban yang disebar ke seluruh wilayah guna memastikan kelayakan dan kesehatan fisik hewan kurban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.