[TERBARU] Sosok 5 Anak Muda yang Mengubah Dunia, Siapa Saja?

Jakarta

Bukan cuma orang yang sudah berumur yang bisa mendatangkan pengaruh besar untuk dunia. Namun tahu kah kamu, ada 5 pemuda yang bisa mengguncang dunia lewat perubahan yang mereka ciptakan. Siapakah mereka? Cek yuk ulasannya di waterford.org

1. Malala Yousafzai

Sedari kecil, Malala Yousafzai sudah sadar akan pentingnya pendidikan. Padahal saat itu, anak-anak perempuan sangat dibatasi akses untuk mendapatkan pendidikan di Afghanistan. Namun Malala tetap rajin ke sekolah ayahnya yang juga mendidik anak-anak perempuan.

Malala pun diketahui berhasil selamat dari tembakan Taliban saat menuju ke sekolah. Dengan pengalaman pahitnya itu, kini dia mengadvokasi hak-hak pendidikan untuk perempuan. Bahkan setiap 12 Juli diperingati sebagai Hari Malala, sebagai bentuk apresiasi saat Malala berpidato di markas PBB yang merepresentasikan pendidikan sebagai bagian dari hak asasi manusia internasional.

Malala Yousafzai, salah satu dari 5 pemuda yang mengubah dunia. (Foto: berbuatbaik.id)

2. Greta Thunberg

Greta Thunberg adalah remaja 17 tahun yang bersuara mengenai efek perubahan iklim. Greta juga diketahui mulai memprotes pemerintah Swedia yang membatasi aksinya menentang perubahan iklim di sekolahnya. Dia pun mendapatkan perhatian dunia karena semangatnya untuk menyelamatkan dunia dengan cara apapun.

Di tahun 2019, Greta dinobatkan sebagai Person of The Year oleh majalah Time atas kerja kerasnya sebagai aktivis lingkungan. Dalam wawancaranya, Greta menyebutkan pentingnya peduli lingkungan. “Kita tidak bisa hidup seakan tidak ada hari esok. Karena pasti ada hari esok,” tegasnya.

3. Jaylen Arnold

Jaylen Arnold adalah remaja yang berhasil mengubah dunia dengan melakukan advokasi atas pencegahan bully atau perisakkan. Sewaktu kecil, Jaylen didiagnosa alami Sindrom Tourette, gangguan obsessive-compulsive, dan Sindrom Asperger. Oleh karena itu, dia sering alami perisakkan.

Jaylen pun memutuskan untuk berdiri bersama anak-anak lain yang alami perisakkan karena mereka berbeda. Setelah itu, dia pun mulai membuak Jaylen’s Challenge Foundation yaitu lembaga nonprofit yang mengedukasi anak-anak Amerika cara mereka menghindari bullying. Di tahun 2014, Jaylen mendapatkan pengharagaan World Children Award untuk kerja kerasnya mengadvokasi anti-bullying.

4. Sophie Cruz

Sejak umur 5 tahun, Sophie Cruz sudah menarik perhatian nasional saat dia memberikan surat kepada Paus Francis yang mempertanyakan keadilan bagi orangtuanya yang imigran di Amerika. Dalam suratnya dia mengatakan “Saya berhak hidup bersama orangtua saya. Saya berhak bahagia. Imigran seperti ayahku menghidupi negeri ini. Mereka berhak hidup dengan harga diri. Mereka berhak hidup dengan hormat. Mereka berhak mendapatkan reformasi imigrasi,” ucapnya dalam surat tersebut.

Sejak itu, dia menjadi advokat cilik yang memberikan advokasi untuk hak imigran serta telah berbicara di Pengadilan Mahkamah Agung, Gerakan Wanita, dan event lainnya di Amerika.

5. Param Jaggi

Param Jaggi adalah penemu muda yang mengubah dunia melalui passion-nya untuk lingkungan. Saat dia berumur 16 tahun, dia telah menciptakan Algae Mobile. Inovasi ini adalah alat untuk mengubah emisi karbondiokasida di kendaraan menjadi oksigen.

Nah, sudah tahu kan bahwa untuk mengubah dunia menjadi lebih baik dimulai dari hal kecil bahkan di usia yang begitu muda. Bagi kamu para milenial yang mau memberikan sumbangsih juga untuk bangsa bahkan dunia, nggak usah muluk-muluk, kamu bisa memulainya dengan Donasi di berbuatbaik.id.

Bahkan bisa #dimulai10k lho. Wah, 10 ribu dari menyisihkan uang jajan bisa membantu sesama itu keren banget. Kenapa harus di berbuatbaik.id? sebab cuma platform ini yang bisa kamu andalkan karena 100% donasinya tersalurkan dan sampai ke penerima donasi. Jadi ayo mulai Donasi sekarang juga. Yuk mulai langkah kecil untuk kebaikan lebih besar.

(kny/imk)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.