[TERBARU] 5 Universitas Negeri dengan Biaya Kuliah Paling Murah dan Kualitas Terbaik

Ometraco.com – Apa yang dipertimbangkan saat memilih jurusan untuk kuliah? Selain kualitas kampus, biaya tentu saja layak dipertimbangkan. Universitas negeri biaya paling murah biasanya menjadi pilihan utama.

Namun demikian, kebijakan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) juga menjadi pertimbangan. Kebijakan UKT ini membuat biaya kuliah masing-masing mahasiswa berbeda. Pasalnya kampus-kampus negeri saat ini memberlakukan UKT berjenjang sesuai dengan penghasilan orang tua. 

Secara umum, universitas negeri mematok UKT mulai Rp500.000 untuk golongan terendah untuk masing-masing program studi. UKT termahal biasanya mencapai Rp7 juta bahkan untuk jurusan berbiaya tinggi seperti Fakultas Kedokteran, UKT tertingginya bisa mencapai Rp25 juta per semester. 

Berikut ini adalah lima universitas yang mematok UKT terjangkau sekaligus terletak di kota dengan biaya hidup cukup murah. 

Baca Juga:
Ada Kampus Khilafatul Muslimin di Bekasi, Ini yang Diajarkan hingga Bisa Raih Gelar Sarjana Kekhalifahan Islam

1. Universitas Negeri Yoyakarta 

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menempati urutan teratas sebagai kampus murah di Indonesia. Perhitungan UKT untuk jenjang S-1 didasarkan atas kemampuan sosial-ekonomi orang tua atau wali. Kemudian bagi mahasiswa S-1 maupun sarjana terapan yang masuk melalui seleksi mandiri wajib membayar UKT ditambah uang pangkal pengembangan akademik (UPPA). UKT di UNY dimulai dari Rp500.000 untuk tingkat terendah. Kemudian UKT tertinggi ada di angka Rp4,9 juta. Jurusan yang ditawarkan di UNY berkaitan dengan ilmu-ilmu pendidikan. 

2. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi kampus berbiaya murah selanjutnya. Di samping itu, Kota Solo juga terkenal dengan biaya hidupnya yang murah. Jika kamu berminat berkuliah di kampus ini UKT yang ditawarkan untuk kelas terendah adalah Rp500.000. Sementara untuk UKT tertinggi tergantung pada tiap-tiap jurusan. Rata-rata UKT tertinggi adalah Rp5 juta untuk jurusan pendidikan dan Rp7 juta untuk non-pendidikan seperti Hukum, Hubungan Internasional, dan Teknologi Pangan. 

3. Universitas Indonesia 

Baca Juga:
Khilafatul Muslimin Punya Lembaga Pendidikan Setara Universitas, Cukup Belajar Dua Tahun Bisa Punya Gelar Sarjana

Di Universitas Indonesia (UI) istilah UKT diganti dengan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Sistemnya mirip dengan UKT di kampus lain, pengajuan BOP harus menyertakan slip gaji orang tua. BOP terendah di UI bisa menyentuh Rp0. 



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.