[TERBARU] Fenomena Langka di Langit 24 Juni 2022, Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia

Jakarta

Kabar terbaru untuk Bunda dan keluarga pecinta dunia astronomi, nih. Kabarnya, Bunda bisa melihat planet-planet yang sejajar, lho.

Fenomena ini dinamakan planet sejajar, Bunda. Fenomena ini termasuk fenomena langka di mana lima planet akan muncul dalam urutan yang sama seperti pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari. Fenomena ini bisa Bunda saksikan secara langsung pada 24 Juni 2022 besok.

Planet sejajar terakhir kali terjadi pada tahun 2004 silam. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sky & Telescope yang dikutip dari laman Space. Lantas, seperti apa urutan planetnya?

Urutan planet sejajar

Dalam fenomena ini, ada lima planet dalam tata surya yang akan terlihat berderetan. Planet ini dimulai dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.




Melansir dari situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena yang disebut sebagai parade langit ini bisa disaksikan oleh seluruh wilayah di Indonesia di saat waktu subuh sampai 24 menit sebelum matahari terbit. Pengamatan ini bisa dilihat sesuai dengan waktu subuh di daerah Bunda masing-masing. ya.

Menurut Andi Pangeran, peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan, waktu subuh masing-masing daerah di Indonesia itu berbeda-beda. Jadi, Bunda bisa sesuaikan saja waktunya yakni sekitar jam setengah 5 sampai setengah 6 pagi.

“Kan waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya sekitar jam set 5 sampai jam set 6,” katanya.

Tak hanya itu, Andi juga mengatakan sebenarnya ada planet Uranus yang terlibat dalam fenomena ini, Bunda. Karena itu, sebenarnya hal ini disebut sebagai konjungsi sektet atau enam benda langit. Kalau ditambah dengan bulan, maka akan menjadi septet.

“Jadi ada 6 planet yang berjajar, ada Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus Kalau ditambah dengan Bulan pada tanggal 20-27 Juni, itu jadinya konjungsi septet,” terang Andi.

Kalau ingin melihat deretan planet yang lebih jelas, Bunda bisa melihatnya di akhir bulan Juni yakni antara tanggal 21 hingga 30 Juni.

Biasanya, fenomena yang terjadi di langit bisa dilihat dengan menggunakan alat bantu, Bunda. Namun, apakah fenomena planet sejajar ini bisa dilihat tanpa alat bantu?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda, jangan lupa simak juga video obat alami saat terbakar sinar matahari berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(mua/mua)



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.