[TERBARU] Pendidikan Seks yang Tepat untuk Anak Pra Remaja, Bunda Perlu Tahu

Jakarta

Seperti yang Bunda tahu, pendidikan seks kerap menjadi hal yang tabu dibicarakan di masyarakat. Namun sejatinya, pendidikan seks ini sangat lah penting untuk diajarkan pada anak sejak dini, Bunda.

Apalagi, jika anak-anak sudah memasuki usia pra remaja yakni usia 10-15 tahun. Di usia ini, anak-anak sudah mengenal perilaku seksual dan suka lawan jenis.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mengajarkan pendidikan seks di usia pra remaja. Bukan sebatas pengenalan organ reproduksi dan kesehatannya saja, Bunda.

Tidak perlu Bunda mengajak anak ke pakar atau profesional, Bunda dan Ayah bisa mengajarkannya dari rumah. Menurut psikolog anak Monica Sulistiawati, di usia pra remaja, anak diharapkan sudah memahami ciri-ciri pubertas.

Sebagai orang tua, kita perlu memaparkan secara detail tentang pubertas. Namun, perlu ada pendekatan yang baik lantaran ketika anak nanti sudah remaja, mereka akan lebih mendengarkan teman-temannya.




Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Jika anak sudah mulai curhat tentang perasaannya pada orang lain, jangan langsung dinasihati. Monica menyarankan untuk tetap mendengarkan anak.

“Jadi kalau misalnya mereka mulai ngomong, ‘Bunda kayaknya aku mulai tertarik sama teman aku, rambutnya panjang’. Kita langsung, ‘Siapa tuh namanya? Kamu belajar dulu ya yang benar!’ Kalau begitu, dijamin anak enggak akan cerita lagi,” ujar Monica saat ditemui di kawasan Tebet, beberapa waktu lalu.

“Ya, karena tadi, gengsinya kegedean. Jadi, anak merasa Bunda enggak senang bila dicurhati akhirnya memilih cerita dengan temannya,”¬†imbuhnya.

Selanjutnya, anak harus mengenal dan menghargai individu lain dan lawan jenis. Jangan lupa ajarkan anak tentang bagaimana pacaran yang sehat dan risiko dari perilaku seksual.

Kenapa anak diajarkan pacaran yang sehat? Sebab zaman sekarang, kita mau mencegah anak kita pacaran itu kemungkinan berhasilnya mungkin sekitar 10 – 20 persen, kata Monica.

Selanjutnya, anak juga harus paham apa itu tanda-tanda pubertas seperti mimpi basah dan menstruasi. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang kiat edukasi seks anak sejak dini:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.