[TERBARU] Mahfud MD Ajak Para Komandan Satuan TNI AD Jaga Kepercayaan Internasional Soal Penegakan HAM

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

Ometraco.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengajak para Komandan Satuan TNI Angkatan Darat (TNI AD) untuk menjaga kepercayaan internasional terhadap Indonesia terkait penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).

Kepada para pimpinan satuan dari Komandan Batalyon, Komandan Kodim, sampai dengan para Pangkotama (Panglima Komando Utama) TNI AD itu, Mahfud mengajak agar terus menjaga penegakan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM). 

Apalagi, lanjut dia, Indonesia sudah tiga tahun terakhir tidak lagi menjadi sorotan di PBB sebagai negara yang bermasalah soal HAM.

Hal tersebut disampaikannya saat menyampaikan pembekalan pada Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD TA 2022 di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (23/6/2022). 

“Mari kita jaga dan tegakkan HAM, kita pertahankan penilaian baik ini, kita hindari agar TNI jangan sampai secara terstruktur atau sengaja melakukan kejahatan kemanusiaan,” kata Mahfud dalam keterangan resmi Tim Humas Kemenko Polhukam RI pada Kamis (23/6/2022). 

“Saudara-saudara semua sudah memiliki Protap-nya, dalam melakukan berbagai tindakan, sehingga bisa dihindarkan terjadinya pelanggaran HAM, apalagi pelanggaran HAM berat,” lanjut Mahfud.

Mahfud menjelaskan hasil yang dibawanya dari sidang Dewan HAM PBB di Jenewa Swiss.

Di mata PBB, kata Mahfud, Indonesia tidak memiliki catatan buruk soal HAM dalam tiga tahun terakhir.

Penilaian itu, kata dia, juga disampaikan oleh komisioner Komisi Tinggi HAM PBB di Jenewa saat menerima Menko Polhukam dan delegasi dari Indonesia.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.