[TERBARU] 10 Mitos Melahirkan Caesar, Tak Alami Perdarahan hingga Susah Menyusui

Jakarta – Bunda mungkin pernah mendengar beragam anggapan miring tentang persalinan caesar. Misalnya, bunda yang pernah melahirkan caesar tidak akan bisa lagi memilih persalinan normal atau operasi caesar tidak sakit sama sekali. 

Menariknya, tidak hanya di Indonesia saja lho asumsi tersebut beredar. Bahkan, di Amerika pun mitos tentang kelahiran caesar juga dipercaya oleh masyarakat setempat, Bunda. 

Melansir dari laman Bundoo, satu dari tiga wanita di Amerika Serikat menjadi seorang ibu melalui operasi caesar. Meskipun caesar merupakan pilihan banyak ibu untuk melahirkan, ternyata masih banyak kesalahpahaman atau mitos yang dipercayai di sana. Demikian ulasan Obgyn Jennifer Lincoln pada laman Motherly. 

Lantas apa saja ya mitos yang dipercaya seputar persalinan caesar? Yuk kita lanjutkan.

10 Mitos tentang melahirkan secara caesar

Berikut adalah mitos yang dipercaya tentang melahirkan secara caesar:

1. Dianggap tidak melahirkan

Karena tidak melewati jalan lahir atau pervaginam, melahirkan secara caesar seringkali dianggap sebagai sebuah ketidaksempurnaan, Bunda. Bahkan ada yang menganggap caesar adalah tidak melahirkan seutuhnya.

Padahal, seperti Bunda ketahui, operasi caesar merupakan rekomendasi medis jika tidak bisa melahirkan secara normal karena pertimbangan kesehatan tertentu ya. Artinya, baik melahirkan secara normal maupun caesar, Bunda sama-sama berjuang melalui kontraksi yang tidak mudah tentunya. 




Lahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

2. Tidak memerlukan kelas perbekalan melahirkan

Pengalaman melahirkan yang menyenangkan bisa didapat jika Bunda mempersiapkannya dengan baik, misalnya dengan mengikuti kelas kehamilan dan mencari pengetahuan seputar persalinan dari berbagai sumber.

Nah, selama kehamilan Bunda dianjurkan mengikuti kelas prenatal sebagai persiapan fisik dan mental menyambut Si Kecil. Anehnya, masih saja ada anggapan jika Bunda yang melahirkan secara caesar tidak memerlukan kelas perbekalan ini, Bunda.

3. Operasi caesar bukan masalah besar

Karena operasi ini sangat umum dilakukan, orang jadi beranggapan jika operasi caesar bukanlah masalah besar, Bunda. Faktanya, tidak ada operasi yang dikatakan ringan jika hal ini menyangkut nyawa seseorang. Dalam operasi caesar bahkan terdapat dua nyawa yang butuh diselamatkan. 

4. Tidak dapat menyusui

Anggapan ibu yang melahirkan caesar tidak bisa menyusui terbukti mitos tidak berdasar. Sebab, Bunda dapat benar-benar mengASIhi walau menempuh kelahiran melalui operasi ya.

Obat-obatan yang diberikan biasanya aman untuk menyusui. Bantuan konsultan laktasi atau perawat, akan menuntun Bunda dapat menemukan posisi menyusui yang nyaman.

5. Tidak mengalami perdarahan vagina

Alasan utama Bunda mengalami perdarahan setelah melahirkan adalah karena rahim Bunda sembuh, memisah dari plasenta dan kembali normal ya. Karena rahim “menyusut” untuk kembali ke keadaan sebelum hamil, Bunda. Ini terjadi pada persalinan pervaginam dan caesar ya. Jadi, apakah bunda yang melahirkan caesar akan mengalami masa nifas? Jawabannya adalah iya. 

Simak mitos terkait persalinan caesar yang lain di halaman selanjutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga pantangan makanan yang harus dihindari ibu setelah melahirkan caesar seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]


kehamilan
Kehamilan Trimester 3
Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu.
Cek Yuk arrow-right

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.