[TERBARU] Kualitas Udara di Jakarta Terburuk di Dunia, Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Anak

Jakarta

Indeks kualitas udara di Jakarta memburuk belakangan ini, Bunda. Per hari ini, menurut laporan langsung IQAir, indeks kualitas udara sebesar 140, yang artinya tidak sehat untuk kelompok sensitif, Bunda.

Sementara konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 10,3 kali lipat dari nilai pedoman kualitas udara tahunan WHO. Untuk Bunda ketahui, dikutip dari BMKG, Partikulat (PM2.5) adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer).

Analisis yang diterbitkan di Nature Scientific Reports, adalah yang pertama dari jenisnya untuk menyelidiki efek polusi udara pada tingkat sel tunggal dan secara bersamaan berfokus pada sistem kardiovaskular (peredaran darah) dan kekebalan pada anak-anak.




Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Ini artinya, kualitas udara Jakarta sudah banyak tercemar polutan, Bunda. Bicara tentang kualitas udara yang buruk, sebuah studi di Stanford University tahun 2021 menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar polusi udara mungkin akan lebih berisiko punya penyakit jantung dan penyakit lain ketimbang orang dewasa.

“Saya pikir ini cukup menarik bagi seorang dokter anak untuk mengatakan bahwa kami memiliki bukti polusi udara menyebabkan perubahan pada sistem kekebalan dan kardiovaskular yang tidak hanya terkait dengan asma dan penyakit pernapasan, seperti yang telah ditunjukkan sebelumnya,” kata penulis utama studi Mary Prunicki, direktur polusi udara dan penelitian kesehatan di Stanford’s Sean N. Parker Center for Allergy & Asthma Research.

“Sepertinya paparan polusi udara yang singkat dapat benar-benar mengubah regulasi dan ekspresi gen anak-anak dan mungkin mengubah tekanan darah, berpotensi meletakkan dasar bagi peningkatan risiko penyakit di kemudian hari,” lanjutnya.

Duh, ikut was-was ya, Bunda? Tentu sebagai orang tua, kita ingin anak bisa menghirup udara yang bersih dan minim polutan. Untuk itu, di tengah berita buruk seperti ini, penting untuk menjaga kesehatan mereka.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang pertolongan pertama pada anak yang muntah terus:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.