[TERBARU] Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek, Panjang dan Pengganti, Apa Hukumnya?

Ometraco.com – Bagi sebagian umat Muslim, ada yang menjalankan sholat subuh dengan menyertakan bacaan doa qunut dan ada juga yang tidak menyertakan. Bagi yang menyertakan doa qunut subuh, bisa dengan bacaan qunut panjang maupun qunut pendek. Nah berikut ini bacaan doa qunut subuh pendek dan doa qunut subuh panjang.

Diketahui, hukum membaca doa qunut saat melaksanakan sholat subuh adalah sunnah. Meski demikian, mengamalkan bacaan doa qunut subuh merupakan amalan yang dianjurkan dilakukan setiap Muslim. 

Pasalnya, doa qunut memiliki makna permohonan seorang hamba kepada Allah SWT agar selalu diberikan keberkahan, petunjuk, dan berbagai bentuk kebaikan dari Allah SWT. Oleh karena itu, alangkah baiknya setiap Muslim untuk mengamalkan bacaan doa qunut subuh.

Adapun bacaan doa qunut Subuh ini dibacakan pada rakaat kedua setelah rukuk dan sebelum sujud. Cara saat baca doa qunut yaitu dengan menengadahkan kedua tangan layaknya sedang memanjatkan doa.

Baca Juga:
Hukum Doa Qunut Subuh Sunnah atau Wajib?

Bacaan doa qunut subuh ini ada yang versi pendek dan ada yang versi panjang. Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa qunut subuh pendek dan bagaimana bacaan doa qunut subuh panjang? Untuk selengkapnya, berikut ini informasinya yang dihimpun dari berbagai sumber. 

Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek

Allahummahdinii fii man hadaiit, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, Mahasuci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Mahatinggi.”

Bacaan doa qunut pendek di atas bisa amalkan saat menjalankan ibadah sholat subuh berjamaan maupun sendiri. Jika berjamaah, maka dianjurkan agar maka membaca qunut dengan suara keras dan makmum mengaminkannya.

Baca Juga:
Makna Doa Qunut Serta Jenisnya yang Disyariatkan Nabi Muhammad

Usai baca qunut, dianjurkan juga untuk membaca sholawat setelahnya. Adapun bacaan sholawatnta sebagai berikut:

Allahumma shalli ‘alaa muhammad wa ‘alaa aali muhammad wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, berikan rahmat beserta keselamatan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabatnya.”

Bacaan Doa Qunut Subuh Panjang

Bagi umat Muslim yang ingin membaca atau mengamalkan doa qunut subuh panjang, berikut ini bacaannya:

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa’a finii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.

Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa’atuubu ilaik, Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:

“Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Bacaan Doa Pengganti Qunut

Namun, jika kesulitan untuk membaca atau menghafalkan doa qunut, maka bisa menggantinya dengan membaca ayat Alquran atau doa lainnya. Adapun bacaan doa pengganti qunut yakni sebagai berikut:

Rabbana atina fiddunya hasanahwa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Demikian pembahasan mengenai bacaan doa qunut subuh pendek lengkap dengan bacaan doa qunut subuh panjang, dan doa pengganti qunut bagi yang tidak hafal. Apakah kamu termasuk orang yang menyertakan doa qunut saat sholat subuh?

Kontributor : Ulil Azmi

Sumber

طريقة تهكير لعبة

 لتهكير اللعبة كل ماعليكم هو اتباع الخطوات التي وضعتها لكم في الفيديو هنا ستجدون شرحا كاملا حول طريقة تهكيروالإثبات بالطبع والعديد من أصدقائي استطاعوا جلب الكثير من الموارد باستعمال هذه الطريقة التي لازالت شغالة لليوم
 

طريقة استعمال موقع تهكير

  1. "اضغط على "اضغط هنا للتهكير
  2. أدخل اسمك باللعبة
  3. اختر عدد الموارد التي تحتاجها
  4. انتظر حتى يقوم الموقع بمعالجة طلبك
  5. أكمل عملية التحقق البشري الذي هو اخر خطوة ''اكمل احد العروض"
  6. سيطلب لك العرض إكمال استبيان قصير أو إرسال رسالة قصيرة
  7. بعد اكمال احد العروض ارجع الى حسابك باللعبة
  8. مبررررروك حصلت على  التهكير استمتع 😉