[TERBARU] Isu Investasi Robot Trading dan Binary Option

loading…

Rizal E Halim
Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)

DIGITALISASI saat ini telah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada munculnya berbagai jenis produk dan layanan yang menawarkan berbagai kemudahan. Salah satunya adalah investasi dalam industri jasa keuangan. Penggunaan teknologi informasi sudah semakin massif termasuk dalam pasar berjangka komoditi dan pasar uang valuta asing (foreign exchange). Hal ini juga menyebabkan munculnya instrumen baru seperti binary option dan alat bantu robot trading.

Minat masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen-instrumen keuangan yang semakin tinggi ditambah adanya dampak pandemi Covid-19, meyebabkan masyarakat mencoba untuk melakukan investasi yang menawarkan income besar dalam waktu yang cepat. Hal ini menyebabkan banyak oknum yang memanfaatkannya dengan melakukan berbagai kecurangan. Saat ini telah berkembang penggunaan perangkat lunak (software) yaitu robot trading yang dinilai dapat membantu investor atau trader dalam bertransaksi jual-beli (buy-sale).

Mengenal Robot Trading dan Binary Option
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan Pasal 1 angka 35, robot trading dikategorikan sebagai barang dalam bentuk benda tidak berwujud. Robot trading didefinisikan sebagai sistem trading yang memungkinkan pelaksanaan transaksi perdagangan berjangka secara otomatis. Algoritma sistem memungkinkan robot untuk menyelesaikan transaksi pembelian atau penjualan secara otomatis sesuai dengan seperangkat aturan dan analisis yang ditentukan sebelumnya. Penggunaan robot trading dinilai mampu memberikan analisis lebih akurat dalam menentukan transaksi sehingga dapat menghindarkan risiko kerugian bahkan mampu meraih keuntungan (profit) lebih besar bagi trader.

Binary option merupakan salah satu instrumen trading online. Binary option menggunakan sistem yang bekerja setara dengan penawaran (bidding).Instrumen ini pertama kali dibentuk di Amerika Serikat. Secara umum, binary option memungkinkan trader untuk mendapatkan keuntungan dari perkiraan harga saham, pergerakan valuta asing (forex) dan peristiwa ekonomi tertentu.

Trader diharuskan menyetor investasi awal di platform yang terkait sebelum membuat perkiraan mereka. Trader kemudian akan dapat menghasilkan keuntungan jika mereka secara akurat dan benar memprediksi fluktuasi tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan. Sementara itu, setiap yang gagal memperkirakan fluktuasi dengan benar akan menanggung risiko kehilangan investasi awal mereka.

Permasalahan di Indonesia
Di Indonesia, penggunaan binary option maupun robot trading semakin massif karena didukung dengan munculnya para afiliator sekaligus influencer yang memperkenalkan instrumen tersebut. Pada binary option, afiliator bertindak sebagai trader untuk memanipulasi dan menipu pengguna. Afiliator yang bertindak sebagai trader dengan cara tersebut telah menyebabkan kerugian yang besar. Diketahui bahwa untuk setiap kerugian yang diderita oleh pengguna binary option, afiliasi yang bersangkutan akan mendapatkan 70% porsi dari jumlah awal yang diinvestasikan oleh pengguna tersebut melalui binary option. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, korban robot trading dan binary option telah mencapai lebih dari 30.000 orang dengan kerugian mencapai lebih dari Rp5 triliun.

Ini mendorong Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pemblokiran laman investasi ilegal. Sepanjang 2022, sudah ada sekitar 78 tindakan yang dilakukan, sebanyak 68 website diblokir, 9 pemblokiran halaman media sosial, dan 1 penghentian kegiatan.

Berkaitan dengan binary option, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan bahwa pengoperasian binary option tidak memiliki legalitas di Indonesia dan tidak ada lisensi yang telah atau akan dikeluarkan untuk platform binary option. Pengoperasian instrumen trading binary/ binary option telah melanggar ketentuan Pasal 303 ayat (1) KUHP karena memiliki sistem pengoperasian seperti perjudian dalam proses trading-nya sehingga dikategorikan sebagai investasi ilegal.

Praktik ilegal binary option umumnya dianggap sebagai tantangan yang signifikan di Indonesia. Di sisi lain, regulasi untuk penggunaan robot trading dalam berinvestasi belum diatur oleh pemerintah dikarenakan teknologi bersifat eksponensial, sehingga regulasi yang dibuat oleh pemerintah sulit mengejar perkembangan teknologi. Peraturan yang dibuat oleh pemerintah, dibuat setelah adanya kejadian/kasus yang terjadi sehingga bersifat represif bukan preventif.

Sumber

طريقة تهكير لعبة

 لتهكير اللعبة كل ماعليكم هو اتباع الخطوات التي وضعتها لكم في الفيديو هنا ستجدون شرحا كاملا حول طريقة تهكيروالإثبات بالطبع والعديد من أصدقائي استطاعوا جلب الكثير من الموارد باستعمال هذه الطريقة التي لازالت شغالة لليوم
 

طريقة استعمال موقع تهكير

  1. "اضغط على "اضغط هنا للتهكير
  2. أدخل اسمك باللعبة
  3. اختر عدد الموارد التي تحتاجها
  4. انتظر حتى يقوم الموقع بمعالجة طلبك
  5. أكمل عملية التحقق البشري الذي هو اخر خطوة ''اكمل احد العروض"
  6. سيطلب لك العرض إكمال استبيان قصير أو إرسال رسالة قصيرة
  7. بعد اكمال احد العروض ارجع الى حسابك باللعبة
  8. مبررررروك حصلت على  التهكير استمتع 😉