[TERBARU] Tips Rawat Vagina Usai Melahirkan agar Seks Kembali Menggairahkan

Melahirkan melalui vagina bisa membuat Bunda merasa takut untuk berhubungan seks setelahnya. Ada kekhawatiran tersendiri jika berhubungan seks setelah melahirkan normal lewat vagina.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam, BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynecology, 87,5% wanita yang berhubungan seks pada 12 bulan pertama pasca-persalinan mengalami rasa sakit pada vaginanya.

Beberapa wanita juga menjadi menjadi kurang bergairah karena kelelahan mengurus bayi atau tekanan menjadi ibu baru yang bisa mempengaruhi secara psikologis.

Untuk mengatasi kekhawatiran itu, Bunda perlu membangun kepercayaan diri dengan tidak melewatkan perawatan tubuh usai melahirkan. Bunda bisa menambahkan perawatan vagina usai hamil dan melahirkan agar seks kembali menggairahkan.

Tidak perlu memanggil perawat untuk melakukan perawatan pada vagina usai melahirkan. Bunda bisa mencoba beberapa tips merawat vagina agar seks kembali menggairahkan setelah hamil dan melahirkan. 




Berikut tips merawat vagina usai melahirkan agar seks kembali menggairahkan. Yuk dicoba, Bunda.

1. Kompres dengan es

Salah satu tips merawat vagina usai melahirkan untuk mengurangi rasa sakit bisa dengan kompres dengan es. Jika vagina Bunda mengalami pembengkakan usai melahirkan maka bisa dikompres menggunakan es. 

2. Berendam air hangat

Profesor asosiasi klinis dan direktur OB medis untuk departemen kebidanan dan ginekologi di NYU Langone Medical Center,  William Schweizer, MD, menyarankan Bunda untuk merendam bokong yang bisa membantu merawat vagina usai melahirkan. 

William mengatakan bahwa setelah 24 jam pertama melahirkan maka kompres es tidak menjadi cara terbaik mengurangi pembengkakan pada vagina. Sebagai gantinya, ia menyarankan berendam air hangat selama sekitar 20 menit, tiga hingga 4 kali sehari. 

“Ini mengurangi pembengkakan, membersihkan vagina sehingga risiko infeksi berkurang, dan meredakan ketidaknyamanan,” ujar William, seperti dikutip dari The Bump

3. Lakukan senam Kegel

Lakukan senam Kegel untuk membuat seks kembali menggairahkan usai melahirkan. Adakah pengaruh senam Kegel dengan perawatan vagina usai melahirkan? Tentu ada, Bunda.

“Latihan Kegel membantu menjaga kontinensia urin dan fungsi anal sphincter setelah melahirkan. Kegel juga membantu memperkuat otot dasar panggul, bonusnya meningkatkan otot vagina demi meningkatkan kenikmatan seksual,” papar Susan Bliss, MD, seorang dokter obgyn di Carolinas Medical Center, Charlotte, North Carolina.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak di video ini tips mencukur bulu kemaluan agar Bunda lebih PD saat berhubungan seks:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.