[TERBARU] Waduh, 131 Nakes di Daerah Ini Belum Terima Pembayaran Jasa Covid-19

Tenaga Kesehatan. Foto : Ricardo/JPNN.com

Ometraco.com, AMBON – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku Ruslan Hurasan menyebut ada 131 tenaga kesehatan (nakes) yang melayani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan BPSDM belum mendapat pembayaran jasa.

Padahal, anggaran dari pemerintah sudah diturunkan. Namun, dana tersebut belum dicairkan kepada para nakes yang bekerja pada 2020.

“Anggarannya Rp 6 miliar sudah dikucurkan pemerintah ke rekening penampung pada RSUD dr. Ishak Umarella Tulehu, namun para nakes ini mengaku belum menerima pembayaran jasa,” kata Ruslan dikutip dari Antara, Kamis (23/6).

Menurut dia, sejak pertengahan Mei 2022, Komisi IV sudah melakukan rapat kerja dengan Dinkes Maluku membahas hal ini.

Pada rapat itu, Kadinkes Maluku Zulkarnaen berjanji segera merealisasi pembayaran setelah gubernur menandatangani Pergub Nomor 102 tahun 2021 yang sudah direvisi.

“Sesuai janji kadinkes, jika pergub itu sudah ditandatangani maka dalam waktu dua hari hak-hak nakes segera dibayarkan, tetapi sampai hari ini belum terealisasi,” tegas Hurasan.

Untuk itu, DPRD Maluku juga meminta gubernur mengambil langkah tegas serta melakukan evaluasi kinerja yang bersangkutan.

“Sebab komitmen kadinkes saat rapat itu sangat optimis dan meyakinkan di,mana pergubnya sudah ditandatangani, maka dalam waktu dua hari langsung dieksekusi,” ujarnya.

Sebanyak 131 tenaga kesehatan atau nakes di daerah Maluku mengaku belum menerima pembayaran jasa perawatan pasien Covid-19 tahun 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.