[TERBARU] Ajang Asia Young Designer Awards Jadi Jembatan Talenta Muda Sebagai Penggerak di Masyarakat

Ometraco.com – Paradigma desain telah bergeser dari sekedar desain ruangan menjadi perencanaan solusi untuk berbagai latar belakang masyarakat. Saat ini, kreasi desainer harus berjalan seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk memastikan perkembangan kota yang lebih kohesif dan berkelanjutan.

“Lansekap desain di masa depan akan menuntut kebutuhan yang lebih besar daripada apa yang kita lihat hari ini. Desainer akan dihadapkan dengan tantangan yang melibatkan pengguna pada isu-isu seperti perubahan iklim dan keseimbangan alam,” kata Group Chief Executive Officer, NIPSEA Group and Co President, Nippon Paint Holdings Group Wee Siew Kim dalam siaran pers yang Ometraco.com terima pada Kamis (23/6/2022).

Untuk mendukung kebutuhan tersebut, Nippon Paint kembali melaksanakan Asia Young Designer Awards (AYDA) International Awards sebagai rangkaian dari pelaksanaan program AYDA 2021/22 pada Juni-Juli 2022 mendatang.

Tahun ini, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan mengatakan Angelica Ayu Laras Kinanti dan Daniel Jansen Harianto yang sebelumnya memenangkan Gold Winners AYDA Indonesia 2021/22 akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional ini.

Angelica Ayu Laras Kinanti dari Institut Teknologi Bandung untuk kategori Desain Interior dengan karya “Traditional Medicine Centre (RAMU)” dan Daniel Jansen Harianto dari UNIKA Soegijapranata untuk kategori Arsitektur dengan karya “Smoked County Relish” akan berkompetisi dengan 16 negara lainnya.

“Saya yakin, Daniel dan Kinanti mampu menjadi representatif desainer muda di Indonesia yang turut mempelopori perubahan dalam industri desain untuk menghasilkan kreasi inovatif yang memberikan manfaat bagi komunitas dan lingkungan kita”, tambah Jon Tan.

Berada di bawah inisiatif program CSR #ColouringLives Nippon Paint, AYDA Awards 2021/2022 dengan tema “Forward: Amplifying Empathy through Design”, Nippon Paint mengajak para desainer muda menciptakan solusi desain untuk kebutuhan penghuni dan juga menjaga keseimbangan alam.

AYDA Awards 2021/2022 melibatkan peserta di beberapa lokasi geografis seperti Bangladesh, China, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Turki dan Vietnam.

Gold Winners (Pemenang Nasional) dari setiap negara nantinya akan bertanding kembali memperebutkan gelar AYDA Of The Year yang akan diumumkan pada 7 Juli 2022 dalam acara penghargaan eksklusif di Penang, Malaysia.

“Melalui AYDA Awards 2021/2022, saya berharap dapat melihat desain yang berjalan seiring dengan ruang koneksi emosional penggunanya. Kami berharap yang terbaik untuk semua peserta dan berterima kasih kepada semua orang yang telah memberi dukungan untuk AYDA Awards selama ini,” ucap Wee Siew Kim.

Nippon Paint juga telah menjalin kerjasama dengan Harvard GSD untuk memberikan program beasiswa senilai USD 10,000 di Harvard Graduate School of Design (GSD) di Boston, Massachusetts, United States bagi pemenang utama Platinum Award AYDA International Awards kategori Arsitektur dan Desain Interior selama 3 minggu.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.