[TERBARU] Jalankan Program Agetasi, PT Timah Raih Penghargaan dalam Ajang CSR dan PDB Awards 2022

Ometraco.com – PT Timah Tbk (TINS) Unit Produksi Timah Primer Batu Besi raih penghargaan katagori Silver dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa PD TT Dr. (HC.) Drs. H. A. Halim Iskandar, MPd kepada Kepala bidang Perencanaan Pengendalian Produksi (P2P) Unit Produkdi Belitung (UPB), Heri Haryanto. Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin.

PT Timah Tbk Unit Produksi Timah Primer Batu Besi meraih penghargaan ini lantaran telah berkontribusi untuk percepatan pembangunan Desa dalam pencapaian SDG’s melalui Badan Usaha Milik Desa dan Program CSR Lainnya melalui program Agro Eduwisata Terintegrasi (AGETASI) di Desa Burong Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Program AGETASI ini diinisiasikan karena PT Timah Tbk Unit Produksi Timah Primer Batu Besi yang ingin mengubah lahan pasca tambang menjadi lahan yang lebih bermanfaat, produktif, dan hijau.

Baca Juga:
PT Timah Gelontorkan Rp 54,31 Miliar Dana CSR di Sepanjang 2021

Hal ini, dalam rangka implementasi inisiatif strategis program RIPP pengelolaan lingkungan pro iklim, menciptakan hubungan harmonis dengan masyarakat dan stakeholder lainnya.

Selain itu, PT Timah Tbk juga berupaya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dengan membantu mengembangkan kemandirian ekonomi masyarakat.

PT Timah Tbk secara berkelanjutan berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang masyarakat, sehingga PT Timah Tbk bersinergi dengan masyarakat untuk membangun Desa sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Menteri Desa PD TT Dr. (HC.) Drs. H. A. Halim Iskandar mengatakan, pada saat peluncuran Bumdesa sebagai entitas badan hukum baru, Presiden Ri Joko Widodo mengarahkan dengan tegas agar perusahaan negara dan swasta yang beroperasi di desa-desa menyertakan Bumdesa dan Bumdesa bersama dalam aktivitas ekonominya.

“Tujuannya agar ekonomi desa melaju lebih cepat lagi, salah satu wujud kerja sama ialah kegiatan CSR secara khusus yang mampu mendukung, berhasil membangun desa secara berkelanjutan,” katanya.

Baca Juga:
Kolektor Diminta Stop Beli Bijih Timah Hasil Penambangan Ilegal

Menurutnya, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada berbagai pihak yang melalui CSR telah mendukung pembangunan masyarakat desa.

Penghargaan meliputi dua kategori yakni tanggung jawab sosial perusahaan dan pengembangan Bumdesa.

“Kita bersama telah melakukan penilaiannya dengan cermat, dengan memperhatikan dampak program itu,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden ke 13 Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin mengatakan pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi kepada BUMN, Swasta untuk mendukung pengembangan Bumdes melalui program CSR.

“Diharapkan dapat mendorong upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa,” terangnya.

Sebab, Pembangunan desa pusat pertaruhan pembanguan Indonesia dimasa depan, jika desa kuat dan mandiri maka mimpi Indonesia maju akan makin mudah diwujudkan.

“Saat ini Desa titik awal pengungkit pemulihan ekonomi masyarakat, hingga pemerintah mendorong ekonomi Desa untuk terus bergerak,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi PT Timah Tbk untuk terus berkontribusi membangun masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Selain itu, PT Timah Tbk bersinergi dengan masyarakat untuk menggerakkan potensi desa yang dimiliki agar memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Sehingga, diharapkannya masyarakat di lingkar tambang dapat mandiri secara ekonomi.

“PT Timah Tbk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, karena PT Timah Tbk adalah bagian dari masyarakat. Untuk itu, secara berkelanjutan PT Timah Tbk terus berkontribusi untuk pengembangan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Program penerimaan Awards 2022 adalah ajang perdana yang nantinya akan terus diadakan setiap tahunnya, kali ini penerima penghargaan sejumlah 63 perusahaan BUMN, swasta dan 1 Yayasan.



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.